6 Selak-Beluk Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

    Rabu, 29 Maret 2017 : Maret 29, 2017
    ist
    Gaya Hidup - Penikmat kopi semangkin hari semangkin banyak dan pada umumnya setiap resto atau cafe pastinya memiliki menu beragam kopi dengan citra rasa. Memang rasa yang dihasilkan kopi itu sendiri terasa nikmat tergantung jenis kopinya.

    Berbicara selak-beluk manfaat kopi untuk kesehatan memang belum ada yang dapat memastikan bahwa kopi lebih banyak positivenya dari pada efek negativenya untuk kesehatan tubuh. Namun bagi penikmat kopi, sepertinya ada kabar baik karena meminum kopi memiliki manfaat yang mengejutkan bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir Men's Fitness.

    1. Menurunkan berat badan.

    Kopi ternyata juga bisa menurunkan berat badan. Hal itu dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan selama 22 minggu yang diikuti oleh 16 orang dewasa yang kelebihan berat badan. Para peneliti menemukan bahwa peserta yang diberi ekstrak biji kopi hijau telah mengalami penurunan berat badan yang signifikan sebesar 37,5%.

    2. Mengurangi rasa nyeri.

    Mungkin Anda pernah mengalami rasa nyeri saat sedang bekerja biasa. Untuk menghilangkan rasa nyeri itu, Anda bisa mencoba dengan cara meminum kopi.

    Peneliti Norwegia mengamati 48 orang yang melakukan pekerjaan kantor dan menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi kopi menyatakan tingkat intesitas rasa nyeri yaitu pada level 41. Sedangkan peserta yang tidak meminum kopi dilaporkan memiliki skor 55.

    3. Mengurangi risiko terkena diabetes.

    Antara tahun 1996 dan 1998 peneliti Harvard melacak hubungan konsumsi kopi dengan diabetes tipe 2 dari sekitar 40.000 orang. Mereka menemukan bahwa peminum kopi jangka panjang memiliki penurunan risiko diabetes tipe 2 secara signifikan. Tapi ingat ketika membuat kopi jangan terlalu banyak menambahkan gula.

    4. Menurunkan risiko kematian.

    Kematian memang tak bisa dihindari, tapi setidaknya kita bisa mengurangi risiko kematian lebih awal. Sebuah studi dari National Institutes of Health - AARP Diet dan Health yang diikuti oleh 400.000 orang mengungkapkan bahwa minum kopi bisa mengurangi risiko kematian.

    Antara tahun 1995-2008, peserta laki-laki yang minum kompi meksipun hanya satu cangkir per harinya bisa mengurangi risiko kematian 6%. Dan 2-3 atau lebih bisa mengurangi risiko sebesar 10% selama kurun waktu penelitian. Penurunan terbesar dari risiko kematian adalah 12% pada kelompok peminum kopi 4-5 cangkir kopi.

    5. Melindungi sistem kardiovaskular.

    Sistem kardiovaskular atau sistem peredaran darah juga perlu Anda perhatikan. Jika tidak maka Anda bisa terkena penyakit kardiovaskular yang merupakan gangguan kesehatan pada fungsi sistem kardiovaskular.

    Dengan hanya minum satu atau dua cangkir kopi sehari maka bisa mengurangi risiko kematian terkait penyakit kardiovaskular. Menurut sebuah penelitian di Jepang lebih dari 76.000 peserta, pria yang mengkonsumsi 1-2 cangkir kopi setiap hari bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular sebanyak 38%.

    6. Mengurangi risiko terkena Alzheimer.

    Para peneliti menemukan bahwa peserta yang minum 3-5 cangkir kopi per hari memiliki sekitar 65% kemungkinan penurnan risiko terkena penyakit Alzheimer atau demensia di kemudian hari. Untuk itu minumlah kopi secukupnya dan lebih bagus lagi dihidangkan bersama makanan bergizi.

    [Ist]

    Saat ini 0 komentar :

Sorot

TERKINI
Copyright © 2017 BERINDONEWS.COM - All Rights Reserved | Support by: Indo Tema